Skip to content

sekar asmaradana..

December 8, 2011

ceritanya, sekitar 5 taun yang lalu manusia remaja tanggung yang lagi galau
karena gak punya pacar resmi ada sih tapi gak jelas gitu maunya kemana #eyyaa
ngobrol curcol sama si papah..
*owrait, that was me having a heart-to-heart chat with my dad*

si remaja tanggung ini nanyak lah ke si papah, “kenapa ya Pa, kok dia gak jelaas gitu maunya. Mbok ya kalo emang mau tu ya bilang,
kalo nggak mau ya jangan tarik ulur terus.. kan capek Pa… ”
*yeaa, rite i am that open with my dad*

and you know what.. si Papah cuma senyam senyum
tau kali kalo anaknya lagi galau gak jelas
trus nembang…………
*yess, my dad could sing javanese “tembang” correctly, sama cengkok-cengkoknya*

remaja tanggung offkoors cumak bengong, apa siih si Papah, dicurhatin malah nyanyik…
-.-”

but then… si Papah smoothly said….

“tau tadi Papah nembang apa?”
“nggak…….. emang apa?”
“itu tadi cuplikan dari tembang jawa, bait yg papa nyanyiin tadi namanya sekar asmaradana”
“artiiinyaa???”
“tembang itu mengisahkan percintaan manusia, Dek…”
“intinya di tembang itu ya, yang namanya jodoh..itu nggak ada yang bisa tau”
“jodoh itu gak bisa milih, mau yg cakep, mau yg kaya, mau yang pinter.. gak bisa milih… ”
“kalo kamu milih.. dipaksakan.. yo malah salah……..”
“nanti…kalo kamu sudah waktunya ketemu jodoh, pasti hatinya adek bakal tau..”
“oo..ini lho jodohku…”
“gitu………”
“lha tapi Pa.. kok adaa gitu ya orang yg cepet ketemu sama the-one nya, kenapa aku lama bangeet gitu ya Pa?”
“owalaah dek..dek…”
“gini lho, jodoh itu…kalo sudah waktunya ketemu ya gampang banget..”
“ibarat ketuker sendal jepit di masjid aja bisa jadi jodoh…”
“lha kalo belum waktunya, mbok ditunggu..diminta sampek kamu capek yo nggak bakal dateng..gak bakal bisa jadi…”
“oooo… gitu ya Pa……..”
“ho-oh…..”

daan…… si Papah emang bener…
waktu itu mungkin memang belum waktunya aku ketemu jodoh,
yaa..gak bisa jadi aja sama “dia”..
*yang tau gak boleh sebut nama.. mwahahahaha*
yang ada malah sekarang kami berteman baik..
dia sudah punya pasangan,
aku juga *alhamdulillah* sudah ada yang meminta…….

inilah sekar asmaradana dan artinya
*well, i try my best to translate it, i’m not as good as my dad when it comes into javanese language*

gegaraning wong akrami
dudu bondho dudu rupo
amung ati pawitane
luput pisan keno pisan
yen gampang luwih gampang
yen angel, angel kalangkung
tan keno tinumbas arto…

landasan orang yang hendak berumahtangga
bukan harta bukan penampilan
tapi kemantapan-hatilah modalnya.
jodoh itu hanya digariskan satu kali
bila sudah berjodoh, akan sangat mudah jalannya
bila belum berjodoh, sangat sulit terlaksana.
semua itu takkan terbeli dengan harta

see….
i just looove every word of it, Β and its philosophy..

can i have it on our invitation, dear…….???
pleaseee….. Β *matabelo ala puss-in-boots*

*oiya, di undangan mbak dita jg ada niii…*πŸ˜‰

12 Comments leave one →
  1. che permalink
    December 8, 2011 9:05 pm

    aah.. jadi kangen jogja…
    it will be very nice if you put those words on the invitation mba…. semoga mas danang setujahπŸ˜‰

    • cicianggitha permalink*
      December 8, 2011 9:12 pm

      dibikin “harus” setuju aja apa gimana ya chie? huehehe….

  2. meytha permalink
    December 8, 2011 9:43 pm

    Ada di undanganku dulu jugak..

    • cicianggitha permalink*
      December 8, 2011 9:51 pm

      yaeyyaa laaa… bhihihihik…. dulu kan papah yg mau =D
      ni kalo gak salah, aku ngobrol sm papa itu pas beberapa hari sebelum nikahanmu deh mbak..

  3. December 9, 2011 5:20 pm

    Xixixixixixixi

    • cicianggitha permalink*
      December 9, 2011 5:59 pm

      yang diketawain bagian yg mana ya kakaaak??? :p *pura2gaktau*

  4. trix permalink
    December 12, 2011 1:13 pm

    5 tahun yang lalu? *mikir*

    • cicianggitha permalink*
      December 12, 2011 1:48 pm

      nice gan…nice… *speechless* mwahahahahaha…..

  5. December 15, 2011 7:50 am

    aq tauuuuuuuu siapa dia.tp aq mau tutup mulut,hihihi

    ur papa absolutely rite about jodoh
    Alhamdulillah Allah slalu tau yg tbaik buat hambaNyaπŸ™‚

    • cicianggitha permalink*
      December 15, 2011 9:44 am

      hay kamu, penganten baru… ;;)

  6. December 16, 2011 9:59 am

    gak ada habisnya kalo bicara beginian,… dan selalu kita baru sadar maknanya setelah kita melewati sendiri, merasakan sendiri, sampe bilang “iya yah….”πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: