Skip to content

jalan kaki bikin hepi

January 11, 2013

tweet seorang teman :
“apalagi kalo pas ujan,macet,dan ada yg dipikirin :)) pas lg bete jg jalan kaki lmyn ampuh ngilangin/ngurangin bad moodπŸ™‚.”

Beberapa kali ketika saya lagi nggak enak hati, bad mood, sebel sama orang (pacar), saya milih jalan kaki ke tempat tujuan. Pernah suatu ketika saya lagi nggak enak hati, saya memutuskan pulang dari kampus ke kos jalan kaki. Waktu itu kampus saya masih setengah rimbun ditambah dengan panasnya Surabaya yang undescribeable (panasnya nggak kira-kira) nekatlah saya pulang kuliah jalan kaki (tetep pakai payung lah ya, meskipun lagi gundah gulana tapi tetep gak mau kepanasan hehehe). Sampai di Β kos meskipun badan capek dan gerah tapi rasanya hati jadi enteng.

Beberapa kali saya memutuskan untuk jalan kaki ketika lagi nggak enak hati, efeknya menenangkan dan menyenangkan. Apalagi kalau lagi hujan gerimis, kalo hujan besar mah makasih wasalam yaa. Jalan kaki di jalanan yang rimbun di tengah hujan gerimis sambil berpayung, asli yaa rasanya bikin tenang dan senang.

Waktu baca tweet tadi, saya jadi tau ternyata saya nggak sendirian. Ada juga yang merasa jalan kaki bisa menghilangkan bad mood. Nah, sampai sini penasaran dong saya. Ada penjelasan ilmiahnya nggak sih?

Akhirnya nemu ini :

Endorphin, a natural painkiller and relaxant, is released into our bloodstream every time we take a walkβ€”inducing a feeling of well being and positivity
*diambil dari sini*

lalu nemu ini dari web walkinng101 :

Walking regularly tends to improve one’s overall sense of well-being and happiness. And walking generally helps dissipate negative states of mind and unpleasant thoughts. Hence, walking can be a form of therapy for some people and have a very positive affect on their lives.

Yaa ternyata begitu saudara-saudara…
Kalau disimpulkan, ternyata dengan jalan kaki, tubuh kita menghasilkan hormon endorfin yang efeknya membuat kita jadi merasa senang dan menghilangkan pikiran-pikiran negatif.

Kalau dipikir-pikir bisa juga karena ketika jalan kaki badan seperti berolah-raga. Jadi efeknya juga kurang lebih sama seperti ketika kita berolah-raga. Ketika badan merasa bugar maka pikiran juga ikut jernih.

Mungkin kurang lebihnya begitu penjelasannya…hehehe….
Kalau ada teman-teman yang lebih bisa menjelaskan atau mengoreksi silahkan yaaa…πŸ™‚

 

8 Comments leave one →
  1. g2-474eae53b44158e988e22f818e074aa4 permalink
    January 11, 2013 10:50 pm

    Setuju!!!

  2. January 12, 2013 12:41 am

    whoa baru tahu klo ada penjelasan ilmiahnya. selama ini seneng aja lihat lingkar paha mengecil, hihihi… *makin rajin jalan kaki*

    • cicianggitha permalink*
      January 21, 2013 4:54 pm

      kalo di sana sih emang lingkungan mendukung ya mbak buat jalan kaki.
      kalo di sini…..ya mendukung juga sih asal masih pagi-pagi bener (sedangkan jam segitu sepertinya aku susah bangun)πŸ˜€ hehehehe…

  3. January 15, 2013 8:20 am

    iya aq jg seneng jalan ke tempat yg deket2,misalnya kalo beli kebab :))
    tp skrg klo sambil gendong y ga kuaatt -.-

    • cicianggitha permalink*
      January 21, 2013 4:53 pm

      sebentar…..

      jadi, kamu suka jalan kakinya? apa suka kebabnya?
      di sini aku belum nemu kebab yang seenak yang di deket rumahmu itu…

  4. January 15, 2013 1:51 pm

    klo aq jaman masih ngekos dulu, sepedahan sampe capek jogging sampe capek….
    dari kosan setiabudi hari minggu pagi2 banget naik sepedah ke taman suropati trus jogging di situ,…. asli nyaman banget rasanya,….πŸ˜€

    • cicianggitha permalink*
      January 21, 2013 4:50 pm

      kalo jaman di setiabudi, dari jalan besar ke kos kan lumejen tu jalan kakinya….πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: